Gelar THK di Hari Tasyrik, Dompet Dhuafa x Bango Bagikan Daging Kurban Lengkap Dengan Kecap dan Bumbu Racik Nusantara

THK x Bango di Bandar Lampung – Bagian Satu

BANDAR LAMPUNG — Di momen lebaran kurban pada hari Tasyrik kesatu, Rabu (21/7/2021), program Tebar Hewan Kurban (THK) 2021 juga berlangsung di Lingkungan 01, Kel. Kali Balok Kencana, Kec. Kedamaian, Bandar Lampung. Keistimewaan kali ini, Dompet Dhuafa menyembelih hewan kurban sebanyak 65 ekor doka (domba/kambing), yang juga merupakan sebuah kerjasama donasi kurban persembahan dari Bango.

“Sinergi antara Dompet Dhuafa bersama Bango dalam program THK kali ini, tersebar di wilayah Provinsi Lampung, Banten, Yogyakarta, juga Jawa Timur. Keseluruhan menyasar 5.000 Penerima Manfaat,” seru Ayuriku, Tim REMO Dompet Dhuafa sekaligus Koordinator Kurban Donasi Bango di Lampung.

Penyembelihan dimulai sejak pukul 09.00 hingga 12.00 WIB. Hingga kemudian siang harinya, daging-daging kurban itu dikemas dalam sebuah wadah rotan, dan didistribusikan kepada 1.500 Penerima Manfaat di wilayah Kali Balok Kencana, Kedamaian. Selain daging kurban, isi paket juga dilengkapi dengan produk unggulan Bango, yakni kecap dan bumbu racik khas Nusantara. Sebut saja bumbu soto, nasi goreng, rawon, hingga tongseng.

“Lengkap dalam satu paket berisi potongan daging kurban, ditambah produk Bango ada kecap dan bumbu raciknya. Tentu agar memudahkan juga menambah cita rasa para penerima manfaatnya, dalam mengolah masakannya,” imbuhnya.

Baca Juga: http://dompetdhuafa.org/id/berita/detail/Pecah–Tawa-Pak-Buang-Hibur-Suasana-Tebar-Hewan-Kurban-x-Bango

Dalam pelaksanaannya, penyembelihan turut digerakkan oleh masyarakat Kali Balok Kencana, serta organisasi pemuda Janis disana. Masih dalam situasi pandemi, maka penyembelihan dilakukan di halaman Gedung Olahraga Gang Ainan, agar menghindari kerumunan dari warga selain petugas. Pun semua yang terlibat berupaya menjalani protokol kesehatan, mulai sejak pemotongan hingga alur pendistribusian.

“Tentu upaya menerapkan prokes, di lokasi juga dijaga oleh petugas, karena situasi ini sebenarnya menjadi tantangan kita melaksanakan kurban. Distribusi untuk penerima manfaat kita bagi melalui beberapa perwakilan lingkungan, juga menyambangi rumah ke rumah agar menghindari kerumunan. Sebelumnya kita sudah lakukan pendataan KK bagi yang berhak menerima kurban,” sebut Indra Kusuma, PIC Janis dan Relawan Dompet Dhuafa. (Dompet Dhuafa / Dhika Prabowo)