JAKARTA — Program vaksinasi sedang gencar dilakukan sebagai salah satu upaya menekan laju penularan Covid-19 khususnya di Indonesia. Setiap masyarakat diharuskan mengikuti vaksinasi dalam dua dosis yang juga menjadi syarat melakukan perjalanan dan aktivitas lainnya.

Fasilitas untuk mendapatkan vaksin sudah banyak tersebar di seluruh Indonesia, baik itu yang diadakan oleh pemerintah ataupun pihak lain. Salah satunya Dompet Dhuafa bekerjasama dengan Puskesmas Pasar Minggu yang sudah hampir satu bulan melakukan vaksinasi massal secara gratis untuk masyarakat dalam dua dosis.

Bukan tanpa kendala, keterbatasan sumber daya manusia menjadi problematika dalam memenuhi kebutuhan vaksin 270,6 juta masyarakat Indonesia. Jumlah vaksinator yang berkompeten untuk melakukan penyuntikan vaksin masih belum bisa menutupi kebutuhan masyarakat secara luas.

Faktor ini mengakibatakan vaksinator yang terdiri dari dokter, perawat, dan relawan tenaga kesehatan, lainnya harus merasakan kelelahan akibat lebihnya jam kerja. Kerja keras para tenaga kesehatan belum tentu diimbangi dengan pemenuhan kebutuhan pokok sehari-hari, padahal hal itu penting untuk menjaga performa mereka menjalankan tugas.

Melihat fenomena tersebut, Gokskin, sebagai salah satu brand kuliner ternama di Indonesia mencoba untuk membagikan kebahagiaan dengan menyalurkan donasi paket makanan untuk para tenaga kesehatan yang menjadi vaksinator di sentra vaksinasi Dompet Dhuafa, Gedung Philanthropy, Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, pada Jum’at (30/7/2021). Dalam sehari sentra vaksinasi Dompet Dhuafa melayani lebih dari 300 orang yang terdiri dari pelajar SD, SMP, SMA, serta masyarakat umum lainnya.

Tidak hanya itu, Gokskin juga menyalurkan paket makanan tersebut kepada tenaga kesehatan yang ada di Crisis Center Covid-19 Dompet Dhuafa di Pondok Ranji, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten. Crisis Center menjadi tim yang siap siaga dalam memberikan bantuan untuk masyarakat terdampak Covid-19 secara cuma-cuma, dari bantuan oksigen, layanan isoman, dapur umum, pemulasaran jenazah, pemeriksaan home visit, ambulans, dan lain-lain.

“Tolong sampaikan banyak terimakasih dari saya untuk pemilik Gokskin pelopor nasi kulit ayam dari saya dan rekan-rekan tenaga kesehatan serta relawan vaksinasi, terimakasih sudah peduli dengan kami disini. Semoga keberkahan selalu mengiringi Gokskin kedepannya,” ucap Nashih, salah satu dokter vaksinator di Dompet Dhuafa.

Sebanyak 50 paket makanan didistribusikan untuk tim Crisis Center dan 25 paket lainnya diberikan untuk tenaga kesehatan di sentra vaksinasi Dompet Dhuafa. Donasi ini adalah bentuk support dari Gokskin kepada para tenaga kesehatan yang berjuang menyelamatkan masyarakat dimasa darurat Covid-19 di Indonesia.

Ini bukan pertama kalinya Gokskin melakukan kolaborasi kebaikan bersama dengan Dompet Dhuafa. Sebelumnya, Gokskin aktif melakukan sinergitas dengan Dompet Dhuafa seperti program campaign kebaikan Muliakan Anak Yatim. Pada saat itu Aussie Andry selaku CEO Kreasiera Food yang menggawangi Gokskin memberikan langsung donasi Goksgive secara simbolis kepada Dompet Dhuafa.

“Berdonasi melalui kuliner untuk keberkahan. Jadi, apapun kreatifitas dan bentuk sinerginya, dalam media kuliner untuk keberkahan, kita kasih karpet merah. Terdapat 31 gerai Gokskin kini sudah hadir di Jabodetabek, Bandung, juga Purwakarta. Seiring menjual makanan, kami mencari hal yang sifatnya kolaborasi keberkahan. Melalui donasi ini, kami percayakan memulai langkah bersama Dompet Dhuafa,” ucap Aussie Andry, dalam kesempatan silaturahmi pagi itu.

Dian Sukma Riany sebagai PIC dalam kolaborasi kebaikan berbagi paket nutrisi Gokskin dan Dompet Dhuafa mengucapkan banyak terimakasih kepada Gokskin telah berkontibusi dalam banyak aksi kemanusiaan terutama ditengah pandemi. “Terimakasih banyak kepada Gokskin yang sealu support aksi kemanusiaan kepada masyarakat, nakes, dan relawan ditengah pandemi dan pembatasan sosial. Semoga kedepannya kebaikan ini bisa lebih ditingkatkan,” jelas Sukma.

Dompet Dhuafa akan terus mengajak seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama memberikan dukungan kepada para tenaga kesehatan dan masyarakat yang terdampak Covid-19. Pandemi ini akan berhasil kita lalui dengan gotong royong, maka dari itu semoga kebaikan dalam bentuk apapun menjadi ikhtiar melalui cobaan ini. (Dompet Dhuafa / Arlen)