JAKARTA — “Meski harus pulang lebih malam dari biasanya, tapi hari itu aku happy banget. Bukan sekedar karena menjalankan tugas saja namun juga lihat anak-anak panti yang juga senang. Iya, ada kebahagiaan lain juga hari itu, tanpa sengaja juga kami datang ke tiap panti tiap di waktu-waktu solat, jadi ikut solat jama’ah bareng adik-adik, plus baca doa dan surah Al-Waqiah. Didoain itu menyenangkan,” seru Febrina Putri, tim REMO Dompet Dhuafa, mengungkapkan sebuah catatan relawan yang dialaminya.

Ya, pada Selasa (19/10/2021), tim Dompet Dhuafa berkesempatan untuk menyambangi 3 (tiga) Panti Asuhan untuk menggulirkan bantuan amanah donatur dari Koko Krunch (Nestle) yang juga ber-KolaborAksi bersama Kitabisa. Keceriaan adik-adik di setiap panti asuhan tersebut lepas ketika tim LPM (Lembaga Pelayan Masyarakat) Dompet Dhuafa membagikan satu-persatu sejumlah donasi yang berisikan paket sarapan bergizi serta school kit kepada mereka.

Lokasi distribusi pertama hari itu, tim LPM bersilaturahmi ke Panti Asuhan di Yayasan Al-Mubarokah Pasar Jum’at, Jakarta Selatan. Disana, semua yang hadir melaksanakan sholat dzuhur berjamaah, sebelum donasi dibagikan.

Putri juga cerita, ia mendapat suatu nilai saat menjalankan tugas dan bertemu Nuri (6) disana, salah satu anak panti Al-Mubarokah. Nuri sangat ceria dan menggemaskan. Ayahnya meninggal karena stroke. Nuri sangat responsif meski baru kelas 1 SD.

“Sekarang sudah mulai sekolah, Kak, tapi masuknya hari Senin aja. Makasih ya, Kak, Koko Krunch dan buku-bukunya,” ucap Nuri.

Kemudian penyaluran berlanjut ke lokasi kedua, Yayasan Daarul Berkah Rahman Jagakarsa, Jakarta Selatan. Hadir tepat pada waktu ashar, tim Dompet Dhuafa juga terlebih dahulu melaksanakan solat jamaah bersama adik-adik, dan berdoa hingga mengaji surah Al-Waqiah bersama. Pun di lokasi ketiga melaksanakan solat maghrib berjamaah di Yayasan Baitul Azemi Mumtazz Cilodong, Depok.

“Ada beberapa sereal Koko Krunch dan susu, adik-adik senang banget. Ada alat tulis juga untuk mendukung kreatifitas pembelajaran adik-adik,” sebut Adi, Tim LPM, setelah memberikan paket donasi kepada adik-adik. (Dompet Dhuafa / Dhika Prabowo)